


Authentic material does not present the real language models in real context, it also reduces teachers role in classroom from the classroom managers to the teachers who rely on other people’s ideas (Crawford, 2002).

Key words : authentic materials, procedure text, teaching writingĬrawford (2002) states that the use of existing materials has been considered to have some weaknesses. The researcher suggests the English teachers to use authentic material as the media in teaching procedure text writing because it can make students more interested in the teaching and learning activity. The result showed that students’ mean score improves from 60.48 up to 78.17. The researcher found that authentic material can be used in teaching writing, especially in teaching procedure text writing. This research was conducted in one class and applied pre-experimental design that was one group pretest and posttest design. This research is aimed at investigating whether the use of authentic material can improve students’ procedure writing achievement in SMAN 8 Bandar Lampung. Peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan authentic material sebagai media dalam pengajaran menulis prosedur teks karena itu dapat membuat siswa lebih tertarik dalam proses dan aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 60.48 menjadi 78.17. Peneliti menemukan bahwa a uthentic materials dapat digunakan dalam pengajaran menulis, terutama dalam pengajaran menulis teks prosedur. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu kelas dan mengaplikasikan bentuk eksperiment dengan menggunakan desain satu grup pretest dan posttest design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan authentic materials dapat meningkatkan kemampuan pada SMAN 8 Bandar Lampung. USING AUTHENTIC MATERIAL IN TEACHING PROCEDURE TEXT FOR STUDENTS OF SMAN Opini tentang pengaplikasian/ penerapan hasil temuan penelitian.Ĭontoh jurnal berikut sudah disesuaikan (dipotong) agar tidak terlalu banyak dan panjang namun mewakili keseluruhan : Saran: opini/ pendapat tentang penelitian yang lebih lanjut atau selanjutnya. Result/Hasil jurnal → isi dimulai dari data yang dikumpulkan sampai jawaban yang ditemukan untuk menjawab research question, termasuk hasil dari analisis data.īerisi informasi temuan penelitian yang menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa īerisi informasi temuan penelitian yang sesuai dengan teori yang sudah ada īerupa informasi temuan penelitian yang sesuai dengan temuan lain yang serupa.īerisi opini atau pendapat tentang temuan penelitian bukan faktanya penelitian Introduction/pendahuluan → berisi penjelasan masalah yang ingin ditemukan melalu penelitian dimulai dari bahasan umum hingga ke pokok masalah. Ket: setiap universitas bisa berbeda pengaturannya Result and discussion/ hasil dan diskusi Nah sekarang kita akan bagi-bagi tips menulis artikel jurnal yang sesuai standar. Mahasiswa tingkat akhir? Sudah mulai berurusan dengan skripsi dan artikel jurnal? Walaupun membuatnya masih meraba-raba tapi tetap harus dibuat biar cepat lulus kuliah.
